Loading...
Biografi Terbaru :
Home » , , , , , » Marin Mersenne- Pencetus Hukum Mersenne

Marin Mersenne- Pencetus Hukum Mersenne

Ditulis Oleh Kevin Samara on Tuesday, December 11, 2012 | 10:08 PM

My Ping in TotalPing.com

Marin Mersennus atau le Père Mersenne yang biasa dikenal dengan sebutan Mersenne, lahir di Sarte, Prancis pada tanggal 8 September 1588. Mersenne adalah "pusat dari dunia ilmu pengetahuan dan matematika pada paruh pertama tahun 1600-an."

Mersenne kecil lahir dari keluarga yang miskin. Orangtuanya adalah seorang petani. Ia dididik di Le Mans dan di Jesuit College of La Flèche . Pada tanggal 17 Juli 1611, ia bergabung dengan Friars Minim , dan setelah mempelajari teologi dan Ibrani di Paris, ia lalu menerima penuh perintah suci pada 1613.

Antara 1614 dan 1618, ia mengajar teologi dan filsafat di Nevers. Pada tahun 1620, ia kembali ke Paris, Prancis lalu tinggal di sebuah biara yang bernama L'Annonciade. Ia belajar ia belajar matematika dan musik bersama Rene Descartes , Étienne Pascal , Gilles de Roberval dan Nicolas-Claude Fabri de Peiresc.

Dia mengajar teologi dan filsafat di Nevers dan Paris. Tahun 1635 Mersenne bertemu dengan Tommaso Campanella , tetapi menyimpulkan bahwa ia bisa "mengajarkan apa-apa dalam ilmu (...) tapi ia masih memiliki memori yang baik dan imajinasi yang subur." Mersenne bertanya apakah René Descartes ingin Campanella datang ke Belanda untuk bertemu dengannya, tapi Descartes menurun. Ia mengunjungi Italia lima belas kali, tahun 1640, 1641 dan 1645. Pada 1643-1644 Mersenne juga berhubungan dengan Jerman Socinian Ruar Marcin tentang ide Copernicus dari Pierre Gassendi , menemukan Ruar sudah menjadi pendukung posisi Gassendi itu.

Mersenne juga dikenang hari ini berkat hubungannya dengan bilangan prima Mersenne . The twister Mersenne , nama untuknya, sering digunakan dalam teknik komputer, dan merupakan pusat bidang-bidang seperti kriptografi.
 

Mersene39
Namun, Mersenne tidak terutama matematika, ia menulis tentang teori musik dan mata pelajaran lainnya. Dia diedit karya Euclid , Apollonius , Archimedes , dan lainnya matematikawan Yunani . Tapi mungkin kontribusi paling penting untuk kemajuan pembelajaran adalah korespondensi yang luas (dalam bahasa Latin ) dengan matematikawan dan ilmuwan lainnya di banyak negara. Pada saat yang jurnal ilmiah belum terwujud, Mersenne adalah pusat dari jaringan untuk pertukaran informasi.
 
Karya filosofisnya ditandai dengan beasiswa yang luas dan ortodoksi teologis sempit. Pelayanan-Nya terbesar bagi filsafat adalah pertahanan antusias nya Descartes, yang agen dia di Paris dan siapa dia mengunjungi di pengasingan di Belanda . Ia diserahkan ke berbagai pemikir terkemuka Paris salinan naskah Renungan tentang Filsafat Pertama , dan membela ortodoksi terhadap kritik ulama banyak.
 
Di kemudian hari, ia menyerah pemikiran spekulatif dan berbalik untuk penelitian ilmiah, khususnya dalam matematika, fisika dan astronomi. Dalam hubungan ini, paling terkenal karya nya Traité de l'harmonie universelle (juga disebut sebagai Harmonie universelle) dari 1636, berurusan dengan teori musik dan alat musik . Hal ini dianggap sebagai sumber informasi tentang abad ke-17 musik, terutama musik Perancis dan musisi , untuk menyaingi bahkan karya Pietro Cerone .
 
Salah satu dari banyak kontribusi untuk penyetelan musik teori adalah saran
\ Sqrt [4] {\ frac {2} {3 - \ sqrt {2}}}

Tromba marina mersenne
sebagai rasio untuk sama-marah semitone ( \ Sqrt [12] {2} ). Itu lebih akurat (0,44 sen tajam) dari Vincenzo Galilei 's 18/17 (1,05 sen datar), dan dapat dibangun dengan menggunakan straightedge dan kompas . Deskripsi Mersenne dalam 1636 Harmonie universelle penentuan absolut pertama dari frekuensi nada terdengar (pada 84 Hz) menyiratkan bahwa ia telah menunjukkan bahwa rasio mutlak-frekuensi dua string bergetar, memancarkan nada musik dan yang oktaf , adalah 1: 2. Keharmonisan yang dirasakan ( harmoni ) dari dua catatan tersebut akan dijelaskan jika rasio frekuensi osilasi udara juga 1: 2, yang pada gilirannya konsisten dengan hipotesis sumber-air-gerak-frekuensi-kesetaraan.
 
Dia juga melakukan percobaan yang luas untuk menentukan percepatan benda jatuh dengan membandingkan mereka dengan ayunan pendulum , dilaporkan dalam bukunya Cogitata Fisiko-Mathematica tahun 1644.  

Dia adalah yang pertama untuk mengukur panjang pendulum detik , yang merupakan pendulum yang ayunan mengambil satu detik, dan yang pertama untuk mengamati bahwa ayunan pendulum itu tidak isochronous seperti Galileo berpikir, tetapi perubahan besar memakan waktu lebih lama daripada perubahan kecil.

Mersenne jatuh sakit setelah kunjungannya untuk melihat Descartes pada bulan Juli 1648 dan, sayangnya, kesehatannya tidak pernah membaik. Dia disarankan untuk mencampur anggur dengan air untuk membantunya mendapatkan hasil lebih baik, namun ia tidak minum anggur.

Dia memiliki penyakit abses pada paru-paru tetapi ahli bedah tidak dapat menemukannya. Mersenne sendiri menunjukkan bahwa sayatan, yang ia minta, terlalu rendah. Gassendi ada di sana untuk melihat Mersenne dan seluruh penyakitnya dan tetap dengan dia sampai kematiannya pada 1 September 1648 di Paris, hanya 8 hari dari 60  ulang tahun nya.

Mersenne meninggal pada tanggal 1 September 1648 akibat  komplikasi yang timbul dari suatu abses paru-paru.

Kenangan 

L'Harmonie Universelle (1637)

Buku ini berisi  Hukum Mersenne yang menggambarkan frekuensi osilasi dari string membentang. Frekuensi ini adalah:
 
a) Invers sebanding dengan panjang string (ini sebenarnya dikenal bagi nenek moyang, dan biasanya dikreditkan ke Pythagoras sendiri).
b) proporsional dengan akar kuadrat dari kekuatan peregangan, dan
c) Inverse sebanding dengan akar kuadrat dari massa per satuan panjang.
Formula yang tepat untuk frekuensi terendah adalah
f = \ frac {1} {} 2L \ sqrt {\ frac {T} {\ mu}},

di mana f adalah frekuensi, L adalah panjang, T adalah gaya dan μ adalah massa per satuan panjang.
Dalam buku ini, Mersenne, seorang murid René Descartes , juga memperkenalkan konsep inovasi beberapa yang dapat dianggap sebagai dasar dari teleskop mencerminkan modern:

- Alih-alih menggunakan lensa mata, seperti yang dilakukan Galileo yang harus memiringkan cermin untuk memiliki akses mudah ke gambar, Mersenne memperkenalkan gagasan revolusioner cermin kedua yang akan memantulkan cahaya yang datang dari cermin pertama. Hal ini memungkinkan seseorang untuk memfokuskan gambar di belakang cermin primer di mana lubang yang dibor di tengah untuk membuka blokir sinar.
- Mersenne menemukan teleskop afocal dan kompresor balok yang berguna dalam banyak multiple-cermin desain teleskop.
- Mersenne dikenal juga bahwa ia bisa memperbaiki penyimpangan bola dari teleskop dengan menggunakan cermin nonspherical dan bahwa dalam kasus tertentu pengaturan afocal ia bisa melakukan koreksi ini dengan menggunakan dua cermin parabola.
Día oxidado...
- Jauh lebih awal dari Laurent Cassegrain , ia menemukan susunan dasar kombinasi teleskop dua cermin, cermin cekung utama terkait dengan cermin cembung sekunder dan menemukan efek tele yang sangat penting dalam mencerminkan teleskop, meskipun jelas bahwa ia jauh dari setelah mengerti semua implikasi dari penemuan itu.

Sayangnya, karena kritik keras bahwa ia temui, terutama dari René Descartes, ia tidak berusaha untuk membangun teleskop penemuannya sendiri.

Marin Mersenne adalah pusat pendekatan matematika baru untuk alam di Paris pada tahun 1630 dan 1640 s s. Intelektual, dia adalah salah satu yang paling antusias praktisi dari program itu, dan menerbitkan sejumlah buku berpengaruh di dekade yang penting. Tetapi Mersenne memulai karirnya dengan cara yang agak berbeda. Pada awal 1.620 s, Mersenne dikenal di Paris terutama sebagai penulis pada topik agama, dan pembela gigih Aristoteles terhadap serangan oleh orang-orang yang akan menggantikannya dengan filosofi baru. ... Pada awal 1.620 s, Mersenne terdaftar Galileo antara inovator di alam filosofi yang dilihat harus ditolak. Namun, dengan tahun 1630-an s, kurang dari satu dekade kemudian, Mersenne telah menjadi salah satu Galileo pendukung yang paling bersemangat.

College Henry le Grand graduation registry for...
Sepanjang hidupnya Mersenne membantu para ilmuwan terkenal berpotensi dengan mengarahkan mereka ke arah yang benar dan menasihati beberapa langkah berikutnya untuk mengambil keputusan.

Dia tidak pernah menyerah seumur hidup keinginannya untuk memajukan ilmu pengetahuan. Dia bahkan meminta, dalam surat wasiatnya, supaya tubuhnya digunakan untuk penelitian biologi.

Sumber, en.Wikipedia
             Buku Inspirasi dari Manusia 2009
             Biography.com 
             Flickr 
             www-history.mcs.st-and.ac.uk 
Enhanced by Zemanta
Bagikan Biografi :
 
Jadi, jangan takut dengan keadaan, tapi kuasai keadaan (Tukul Arwana) | Tak ada rahasia untuk menggapai sukses. Sukses itu dapat terjadi karena persiapan, kerja keras, dan mau belajar dari kegagalan. (Gen. Collin Powell) | Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun. (Soekarno) |