Latest News

Sunday, December 16, 2012

Benjamin Franklin - "Waktu Adalah Uang"

Benjamin Franklin lahir di Boston, Amerika Serikat pada tanggal 17 Januari 1706. Ia merupakan seorang tokoh Amerika yang terkenal dengan karya-karyanya baik sebagai pejabat maupun sebagai ilmuwan. Ia adalah seorang wartawan, penerbit, pengarang, filantrofis, abolisionis , pelayan masyarakat (pejabat), ilmuwan, diplomat, dan penemu.

Franklin juga adalah salah seorang pemimpin Revolusi Amerika, dan salah satu penandatangan Deklarasi Kemerdekaan Amerika. Karyanya yang terkenal dan sangat berguna adalah penangkal petir. Dia juga adalah orang pertama yang membentuk barisan pemadam kebakaran kota, sebagai Kepala kantor pos pertama di Amerika, serta sebagai pendiri Perpustakaan Umum pertama di Amerika. Kata-katanya banyak yang terkenal dan dikutip orang. Misalnya "waktu adalah uang" kemungkinan besar berasal dari dirinya.

Waktu adalah uang.
Hal-hal yang kejam tidaklah menyakitkan karena hal-hal itu dilarang (pemali), tetapi dilarang karena hal-hal itu menyakitkan
Dia telah hidup penuh guna dibandingkan dikatakan meninggal kaya raya.
Rasa kecukupan dan kekayaan jarang bersamaan. Anda boleh pilih kekayaan, biarlah rasa kecukupan buat saya
Karena usia dan keinginan, tabunglah selama kamu mampu. Sinar mentari pagi tidak mungkinlah sepanjang hari
Singkatnya, jalan menuju kekayaan, jika Anda menginginkannya, sesederhana jalan ke pasar. Ia tergantung terutama pada dua hal: rajin dan hemat, jelasnya: janganlah menyia-nyiakan WAKTU (tidak rajin) ataupun UANG (tidak hemat).
Lebih baik pergi tidur tanpa makan malam daripada bangun tidur dengan hutang.
Jagalah tokomu dan tokomu akan menjagamu.
Seseorang yang penuh nafsu ibarat sedang menunggang kuda gila.
Apa yang dimulai dengan amarah diakhiri dengan malu.
Kemarahan tak pernah tanpa alasan tetapi jarang dengan alasan yang baik.
Berlakulah baik: kepada temanmu untuk menjaga mereka, kepada musuhmu untuk mengalahkan mereka.
Kepuasan membuat orang-orang miskin menjadi kaya; ketidakpuasan membuat orang-orang kaya menjadi miskin.
Benjamin Franklin memiliki seorang Ayah bernama Josiah Franklin, bekerja sebagai pembuat sabun dan lilin yang menikah dua kali. Istri pertamanya bernama Anne Child dan istri kedua bernama Abiah Folger. Benjamin merupakan anak yang lahir dari pernikahan kedua. Ia merupakan anak ke 17 yaitu anak bungsu.

Dia bersekolah di Boston Latin School tapi tidak lulus, ia melanjutkan pendidikan melalui membaca. Meskipun "orang tuanya berbicara tentang gereja sebagai karir"  untuk Franklin, ia putus sekolah ketika ia berusia sepuluh tahun.  

Dia bekerja untuk ayahnya untuk sementara waktu dan pada umur 12 ia magang ke perusahaan koran saudaranya Yakobus.  Ketika diberi kesempatan untuk menulis surat ke kertas untuk publikasi, Franklin mengadopsi nama samaran " Silence Mrs Dogood ", seorang janda setengah baya. Huruf "Mrs Dogood" 's diterbitkan, dan menjadi subjek pembicaraan di sekitar kota.  

Baik James maupun pembaca Courant 's menyadari tipu muslihat, dan James tidak senang dengan Ben ketika ia menemukan yang menjadi koresponden populer adalah adiknya. Benjamin menjadi kontributor dan bahkan kemudian editor surat kabar itu. Suatu hari kakak beradik ini berselisih hingga akhirnya Benjamin melarikan diri. Franklin meninggalkan perusahaan tanpa izin, dan dengan demikian menjadi buronan. Ben lari ke NewYork, lalu ke Philadelphia pada Oktober 1723.

Lari adalah ilegal. Di Amerika awal, semua orang harus memiliki tempat dalam masyarakat dan melarikan diri tidak cocok di mana saja. Terlepas Ben mengambil perahu ke New York di mana ia berharap untuk mencari pekerjaan sebagai printer. Dan berjalan melintasi New Jersey, akhirnya tiba di Philadelphia melalui naik perahu. Setelah debarking, dia menggunakan sisa uangnya untuk membeli beberapa gulungan. Dia basah, acak-acakan, dan berantakan ketika calon istrinya, Deborah Baca, melihat dia pada hari itu, Oktober, 6 1723. Dia pikir dia tampak aneh, tidak pernah bermimpi bahwa tujuh tahun kemudian mereka akan menikah.

Franklin memulai pekerjaan sebagai printer. Dia tidak begitu yakin dengan baik bahwa gubernur Pennsylvania berjanji untuk menjebaknya dalam bisnis untuk dirinya sendiri jika  Franklin hanya akan pergi ke London untuk membeli font dan peralatan percetakan. Franklin memang pergi ke London, namun gubernur mengingkari janjinya dan Benyamin dipaksa untuk menghabiskan beberapa bulan di Inggris melakukan pekerjaan cetak.

Setelah kembali ke Philadelphia, Franklin mencoba tangannya untuk membantu menjalankan toko, tetapi segera kembali menjadi penolong printer. Franklin adalah printer yang lebih baik. Segera ia mulai mendapatkan kontrak untuk melakukan pekerjaan pemerintah dan mulai berkembang dalam bisnis.

Tahun 1730 Benjamin menikah dengan kekasih masa kecilnya, Deborah Baca. Suami Debora telah melarikan diri, dan sekarang ia bisa menikah.
 
Selain menjalankan sebuah toko cetak, Franklin juga berlari toko mereka sendiri pada saat ini, dengan Deborah menjual segala sesuatu dari sabun untuk kain. Ben juga mengelola sebuah toko buku. Mereka cukup giat.

Pada 1729, Benjamin Franklin membuat surat kabar, Lembaran Pennsylvania. Franklin tidak hanya mencetak surat kabar tersebut, tetapi sering memberikan kontribusi potongan kertas di bawah.

Tapi Franklin berkembang pada pekerjaan. Pada 1733 ia mulai menerbitkan Almanack Buruk Richard Almanacs era dicetak setiap tahun,. Dan berisi hal-hal seperti laporan cuaca, resep, prediksi dan homili. Franklin menerbitkan almanak di bawah kedok seorang pria bernama Richard Saunders, seorang pria miskin yang membutuhkan uang untuk mengurus istri tukang nya.  

Apa yang membedakan almanak Franklin adalah aforisme cerdas dan menulis hidup. Banyak dari frase terkenal yang berhubungan dengan Franklin, seperti, "adalah A sen yang ditabung satu sen yang diterima" berasal dari Poor Richard.

Kebakaran adalah ancaman yang sangat berbahaya bagi Philadelphia, sehingga Franklin mulai mencoba untuk memperbaiki situasi. Pada tahun 1736, ia menyelenggarakan Uni Api Philadelphia Perusahaan, yang pertama di kota. Terkenal mengatakan, "An ounce of prevention is worth a pound of cure," sebenarnya pemadam kebakaran saran.
 
Mereka yang mengalami kerusakan akibat kebakaran ke rumah mereka sering mengalami kerugian ekonomi ireversibel. Jadi, tahun 1752, Franklin membantu menemukan Kontribusi Philadelphia untuk Asuransi Kerugian Terhadap oleh Fire. Mereka yang memiliki polis asuransi tidak dihapus secara finansial. Contributionship ini masih dalam bisnis saat ini.
 

Pada 1749 ia pensiun dari bisnis dan mulai berkonsentrasi pada ilmu pengetahuan, percobaan, dan penemuan. Ini adalah hal baru bagi Franklin. Pada 1743, dia sudah menemukan kompor panas efisien - yang disebut kompor Franklin - untuk membantu rumah hangat efisien. Sebagai kompor diciptakan untuk membantu meningkatkan masyarakat, ia menolak untuk mengambil paten.
 
Di antara penemuan lainnya Franklin adalah sirip buat menyelam, armonika gelas (alat musik) dan kacamata.
 
Pada tahun 1750-an ia berbalik untuk mempelajari listrik. Pengamatannya, termasuk percobaan layang-layang nya yang diverifikasi sifat listrik dan petir yang membawa Franklin masuk ke ketenaran internasional.

Dia mulai bekerja secara aktif untuk kemerdekaan. Dia tentu saja mengira anaknya William, sekarang Gubernur Kerajaan New Jersey, akan setuju dengan pandangannya. William tidak. William tetap menjadi Loyal Inggris. Hal ini menyebabkan keretakan antara ayah dan anak yang tidak pernah sembuh.

Franklin terpilih ke Kongres Kontinental Kedua dan bekerja pada sebuah komite dari lima yang membantu untuk menyusun Deklarasi Kemerdekaan. Meskipun banyak menulis adalah Thomas Jefferson, banyak dari kontribusi adalah milik Franklin. Pada tahun 1776 Franklin menandatangani Deklarasi, dan sesudahnya berlayar ke Prancis sebagai duta ke Pengadilan Louis XVI.

Franklin juga membantu pinjaman aman dan membujuk Perancis mereka melakukan hal yang benar. Franklin menandatangani Perjanjian Paris pada 1783, setelah Amerika telah memenangkan Revolusi. 

Sekarang seorang pria tujuh puluhan itu, Franklin kembali ke Amerika. Ia menjadi Presiden Dewan Eksekutif Pennsylvania. Ia menjabat sebagai delegasi ke konvensi Konstitusi dan menandatangani Konstitusi. Salah satu tindakan terakhirnya publik sedang menulis sebuah risalah anti-perbudakan pada 1789. Franklin meninggal pada April 17, 1790 pada usia 84. 20.000 orang menghadiri pemakaman pria yang disebut, "orang yang harmonis." Ia diabadikan di Mata Uang 100 dollar US.

Sumber,en.Wikipedia
            id.Wikipedia
            www.ushistory.org 
            www.biography.com 
Benjamin Franklin -  "Waktu Adalah Uang"
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
jalan menuju keberhasilan
Top