Latest News

Sunday, December 23, 2012

Santo Nicholas - Legenda Sinterklas

Santo Nicholas lahir di Patara , Lycia et Pamfilia , Turki pada tanggal 15 Maret 270. Dia terkenal karena pengorbanannya bagi semua umat, yang kelak dikenal sebagai Nikolaos The Wonderworker.
 

Dia mempunyai rahasia yaitu rahasia pemberian hadiah, seperti meletakkan koin dalam sepatu orang-orang yang meninggalkan sepatu mereka diluar, memanjat cerobong asap dan memberikan bantuan makanan dan pakaian, maka dengan demikian, ia menjadi model untuk Santa Claus. Hari raya Santo Nicholas dirayakan pada tanggal 6 Desember. 

Saint Nicholas adalah santo pelindung para pelaut, pedagang, pahlawan , pencuri, anak , pemukut cukai dan mahasiswa di berbagai kota dan negara di seluruh Eropa. Dia juga pelindung Varangian Guard para kaisar Bizantium , yang melindungi peninggalan di Bari.

Di kalangan Gereja Timur, ia dihormati sebagai pelindung para pelaut; sedangkan di Gereja Barat, ia dihormati sebagai pelindung anak-anak, dan pembantu para gadis miskin yang tidak mampu menyelenggarakan perkawinannya. Namun riwayat hidupnya tidak banyak diketahui, selain bahwa ia dipilih menjadi Uskup kota Myra pada abad keempat yang berkedudukan di Lycia. Ia seorang uskup yang lugu, penuh semangat dan gigih membela orang-orang yang tertindas dan para fakir miskin.

Pada masa penganiayaan dan penyebaran ajaran-ajaran sesat, ia menguatkan iman umatnya dan melindungi mereka dari pengaruh ajaran-ajaran sesat. Ketenaran namanya sebagai uskup melahirkan berbagai cerita sanjungan. Sangat banyak cerita yang menarik dan mengharukan.

Ia adalah putra tunggal dari orang tua Kristen yang kaya bernama Epifanius dan Johanna. 

Dia sangat religius meskipun masih kecil, dan menurut legenda, Nicholas dikatakan telah ketat melakukan puasa kanonik Rabu dan Jumat. Orangtua kaya itu meninggal karena epidemi sementara Nicholas masih muda dan dia kemudian diasuh oleh pamannya-juga bernama Nicholas-yang adalah uskup dari Patara. Dia mengajarkan Nicholas muda membaca dan kemudian mentahbiskan Nicholas sebagai imam. 

Pada 325, ia adalah salah satu dari banyak uskup yang menjawab permintaan Constantine dan muncul di Konsili Nicea . Ada cerita, bahwa Nicolas adalah pengikut setia anti- Arian dan pembela posisi Kristen Ortodoks, dan salah satu uskup yang menandatangani Pengakuan Iman Nicea .  

Gereja legenda menyatakan bahwa selama proses di Nicea, Nicolas menjadi sangat marah pada posisi Arius yang menyatakan bahwa Yesus Kristus adalah makhluk ciptaan, dan tidak sepenuhnya Allah. Maka ia pun berjalan ke Arius dan menampar wajahnya. 

Santo Nicholas meninggal pada tanggal 6 Desember 340. Menurut legenda setempat, beberapa jenazahnya dibawa oleh tiga peziarah ke sebuah gereja di tempat yang sekarang dinamai Nikolausberg sesuai dengan namanya menurut orang Jerman.
 
Dikatakan bahwa di Myra terdapat peninggalan Saint Nicholas dimana setiap tahun memancarkan cairan yang encer yang jelas yang berbau seperti air mawar, yang disebut manna (atau mur ), yang diyakini oleh umat beriman memiliki keajaiban kekuasaan.  

Setelah peninggalan dibawa ke Bari , mereka terus melakukannya, banyak sukacita dari pemilik baru. Botol mur dari relik itu telah diambil di seluruh dunia selama berabad-abad, dan masih dapat diperoleh dari gerejanya di Bari. Bahkan sampai hari ini, sebotol manna diekstrak dari makam Saint Nicholas setiap tahun pada 6 Desember oleh para ulama dari basilika. Mur dikumpulkan dalam sarkofagus yang terletak di kubah Basilika dan dapat diperoleh di toko di dekatnya.  

Cairan tersebut secara bertahap merembes keluar dari kubur, tetapi tidak jelas apakah itu berasal dari tubuh dalam kubur, atau dari marmer itu sendiri, karena kota Bari adalah pelabuhan, dan makam berada di bawah permukaan laut , ada beberapa penjelasan secara alami mengenai cairan manna, termasuk pengalihan air laut ke makam oleh gaya kapiler.


Pada tahun 1993 sebuah kuburan ditemukan di pulau Turki kecil Gemile , sebelah timur dari Rhodes , yang sejarawan percaya adalah makam Saint Nicholas. 





Cerita
Legenda lain  menceritakan bagaimana kelaparan yang parah melanda sebuah pulau. Saint Nicholas, mengunjungi wilayah untuk merawat yang lapar, tidak hanya melihat kejahatan yang mengerikan tetapi ia juga membangkitkan tiga anak laki-laki dengan doa-doanya.  

Salah satu versi mengatakan bahwa dia bisanya melemparkan satu tas selama tiga malam berturut-turut. Dia melempar dompet selama tiga tahun, setiap malam sebelum salah satu dari anak-anak perempuan  lahir. Selalu, setiap kali sang ayah dari anak perempuan menunggu, mencoba untuk menemukan identitas sang dermawan.

Selama bencana kelaparan besar yang terjadi di Myra pada tahun 311-312, sebuah kapal berada di pelabuhan , yang penuh dengan gandum untuk Kaisar di Konstantinopel. Nicholas mengundang para pelaut untuk membongkar bagian dari gandum untuk membantu warga sekitar yang sedang kelaparan.  

Para pelaut pada awalnya tidak menyukai permintaan, karena gandum harus ditimbang secara akurat dan harus diberi kepada Kaisar. Tetapi ketika Nicholas berjanji kepada mereka bahwa mereka tidak akan menderita kerugian karena kekurangan gandum, para pelaut setuju.  Akhirnya para pelaut meninggalkan hampir sebagian di daerah itu.

Ketika mereka tiba kemudian di ibukota untuk menyerahkan gandum tersebut kepada kaisar, mereka sangat terkejut:. Berat beban tidak berubah, meskipun gandum telah diberi di Myra yang sudah cukup untuk dua tahun penuh dan bahkan bisa digunakan untuk disemai.

Legenda Sinterklas 
St Nicholas membuat terobosan pertama ke dalam budaya populer Amerika menjelang akhir abad ke-18. Pada bulan Desember 1773, dan juga pada tahun 1774, sebuah surat kabar New York melaporkan bahwa kelompok-kelompok keluarga Belanda telah berkumpul untuk menghormati ulang tahun kematiannya.

Nama Sinterklas (Santa Claus) berevolusi dari julukan Belanda Nick, Sinter Klaas, bentuk singkat dari Sint Nikolaas (Belanda untuk Saint Nicholas). Pada tahun 1804, John Pintard, anggota Society New York Historical, didistribusikan ukiran kayu dari St Nicholas pada pertemuan tahunan masyarakat. Latar belakang berisi ukiran yang kini akrab gambar Santa termasuk stoking penuh dengan mainan dan buah menggantung di atas perapian. Pada tahun 1809, Washington Irving membantu mempopulerkan cerita Sinter Klaas ketika ia disebut St Nikolas sebagai santo pelindung dari New York dalam bukunya, The History of New York. 


 Sinter Klaas digambarkan sebagai segala sesuatu dari "rascal" dengan topi tiga terpojok biru, rompi merah, dan stoking kuning untuk seorang pria yang mengenakan topi bertepi lebar dan "sepasang batang besar selang Flemish." 

Sumber, en.wikipedia.org
             nicholasadityas.blogspot.com 
             nukay81.blogspot.com 
Santo Nicholas - Legenda Sinterklas
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
jalan menuju keberhasilan
Top