Latest News

Thursday, August 1, 2013

Lee Byung-Chull - Pendiri Samsung

Lee Byung-Chull lahir di Korea pada tanggal 12 Februari 1910. Beliau adalah seorang pendiri perusahaan elktronik terkemuka di dunia yakni Samsung. Ia adalah putra dari keluarga kaya pemilik tanah dan sempat mengenyam pendidikan perkuliahan di Universitas Wesda Tokyo meskipun tidak sampai lulus.

Lee Byung-chull menggunakan warisannya untuk membuka penggilingan padi untuk usaha yang pertama. usaha itu tidak berjalan dengan baik. Pada tahun 1938 Byung-Chull Lee mendirikan perusahaan perdagangan ekspor di Korea, menjual ikan, sayuran, dan buah-buahan ke Cina.

Perusahaan berkembang dengan pesat dan Lee memindahkan kantor pusatnya ke Seoul pada tahun 1947. Ketika pecah Perang Korea, ia terpaksa meninggalkan Seoul dan memulai usaha pabrik gula di Busan yang bernama Cheil Jedang. Dan itu adalah pabrik gula Korea Selatan pertama. 

Setelah perang, pada tahun 1954, Lee mendirikan Cheil Mojik dan membangun pabrik wol di Chimsan-dong, Daegu. Dan itu adalah pabrik wol terbesar di negaranya, perusahaan berkembang dengan pesat menjadi perusahaan besar.  

Setelah pabrik wol berkembang pesat, yaitu pada tahun 1958, Lee mulai berekspansi ke industri lain seperti keuangan, media, bahan kimia dan pembuatan kapal. Pada akhir 1960 Samsung Group mulai masuk kedalam industri elektronik.

Dan agar perusahaan bisa berkembang dengan pesat perusahaan Samsung membagi tugas kerja dalam bentuk divisi-divisi elektronik, diantaranya Samsung Electronics Co Devices, Samsung Electro-Mekanika Co, Samsung Corning Co, dan Samsung Semiconductor & Telecommunications Co, dan membuat fasilitas di Suwon. 

Produk pertama dari Samsung adalah televisi hitam-putih. Pada tahun 1980, perusahaan Samsung  membeli Hanguk Tongsin di Gumi dan mulai membangun perangkat telekomunikasi. produk awal nya adalah switchboards. Berawal dari produk tersebut samsung mulai memproduksi telepon dan faks dan akhirnya menjadi Samsung's mobile phone manufacturing.

Pada tahun 1980-an Samsung adalah perusahan manufaktur, distributor, dan menjual berbagai macam peralatan dan produk elektronik di seluruh dunia. Pada tahun 1982, ia membangun sebuah pabrik perakitan televisi di Portugal. Pada tahun 1984, ia membangun sebuah pabrik senilai $ 25 juta di New York. Dan pada tahun 1987, samsung membangun fasilitas lain senilai $ 25 juta di Inggris.

Sejak tahun 1960-an, Samsung Electronics memproduksi apa yang paling dikenal dari Samsung saat ini yaitu Televisi, Mobile Phones sampai tahun 1990, Radio, komponen Komputer dan perangkat elektronik lainnya.

Di tahun 1987, pendiri dan Chairman Byung-Chull Lee meninggal dan jabatann Chairman diambil alih oleh Kun-Hee Lee. Pada tahun 1990-an Samsung mulai membangun pabrik memperluas secara global di Amerika Serikat, Britania Raya, Jerman, Thailand, Meksiko, Spanyol dan Cina.

Berdedikasi untuk membuat dunia yang lebih baik melalui berbagai bisnis yang diantaranya adalah teknologi tingkat tinggi, semikonduktur, pencakar langit dan konstruksi, petrokimia, fashion, obat-obatan, finansial, hotel dan banyak lagi. Perusahaan Samsung Electronics, memimpin pasar global di bidang pembuatan barang elektronik teknologi tinggi dan media digital.

Melalui inovasi, produk andal dan layanan-layanan, orang-orang berbakat, pendekatan bertanggung jawab pada bisnis dan warga negara global, juga kolaborasi dengan partner-partner perusahaan Samsung serta pelanggan, Samsung membawa dunia ke arah baru yang imajinatif. Dan semua itu berkat kerja keras Lee.

Sumber, Wikipedia
               eldiki.com
               info-biografi.blogspot.com 
                                                                                 samsung.com

Lee Byung-Chull - Pendiri Samsung
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
jalan menuju keberhasilan
Top