Latest News

Monday, March 12, 2012

Sir James Dewar- Penemu Termos

Sir James Dewar FRS (20 September 1842 - 27 Maret 1923) adalah seorang ahli kimia dan fisika daei Skotlandia . Dia mungkin paling terkenal saat ini untuk penemuan dari labu Dewar atau Termos , yang digunakan bersama dengan penelitian luas dalam pencairan gas. Dia juga sangat tertarik pada atom dan molekul spektroskopi , bekerja di bidang ini selama lebih dari 25 tahun.

James Dewar lahir di Kincardine-on-Forth pada tahun 1842, bungsu dari enam anak laki-laki. Dia kehilangan orang tuanya pada usia 15. Ia menjalani pendidikan di Akademi Dollar dan University of Edinburgh , di mana dia belajar di bawah Tuhan Playfair , dan kemudian menjadi asisten Tuhan Playfair 's. Dewar juga akan belajar di bawah August Kekulé di Ghent .

Pada tahun 1875, Dewar terpilih profesor Jacksonian eksperimental alam filsafat di Universitas Cambridge , menjadi sesama dari Peterhouse . Ia menjadi anggota Royal Institution dan kemudian, menggantikan Dr John Hall Gladstone dalam peran Fullerian Profesor Kimia pada tahun 1877. Dewar juga Presiden Chemical Society pada tahun 1897 dan Asosiasi Inggris untuk Kemajuan Ilmu Pengetahuan pada tahun 1902, serta melayani di Royal Commission dibentuk untuk memeriksa pasokan air London 1893-1894 dan Komite Bahan Peledak. Itu sementara ia melayani di Komite Bahan Peledak bahwa ia dan Frederick Augustus Abel dikembangkan mesiu , alternatif mesiu tanpa asap.

Pada tahun 1867 Dewar dijelaskan rumus kimia beberapa benzena . Ironisnya, salah satu formula, yang tidak mewakili benzena dengan benar dan tidak dianjurkan oleh Dewar, kadang-kadang masih disebut Dewar benzena .

Karya ilmiah mencakup bidang yang luas - makalah sebelumnya mencakup berbagai topik; kimia organik , Hidrogen dan konstanta fisik, penelitian suhu tinggi, suhu matahari dan dari percikan listrik , elektro-fotometri dan kimia dari listrik busur .

Dengan Profesor JG McKendrick, Glasgow, dia mengupas fisiologis tindakan cahaya, dan memeriksa perubahan yang terjadi dalam kondisi listrik dari retina di bawah pengaruhnya. Dengan Profesor GD Hidup, salah satu rekan di Cambridge, ia mulai pada tahun 1878 serangkaian panjang spektroskopi pengamatan, nanti yang dikhususkan untuk pemeriksaan spektroskopi elemen gas berbagai dipisahkan dari udara atmosfer dengan bantuan suhu rendah, dan ia bergabung dengan Profesor JA Fleming, dari University College London , dalam penyelidikan perilaku listrik zat didinginkan sampai suhu yang sangat rendah.

Namanya paling dikenal luas sehubungan dengan karyanya pada pencairan dari apa yang disebut gas permanen dan penelitiannya pada suhu mendekati nol mutlak . Minatnya di cabang fisika dan kimia tanggal kembali setidaknya sejauh 1874, ketika ia membahas "Panas Laten Gas Cair" sebelum British Association. Pada tahun 1878 ia mengabdikan kuliah Jumat malam di Royal Institution dengan pekerjaan maka baru-baru Louis Paul Cailletet dan Raoul Pictet , dan dipamerkan untuk pertama kalinya di Inggris kerja aparat Cailletet. Enam tahun kemudian, lagi di Royal Institution, ia menggambarkan penelitian dari Zygmunt Florenty Wróblewski dan Karol Olszewski , dan digambarkan untuk pertama kalinya di depan umum pencairan dari oksigen dan udara. Segera setelah itu ia membangun sebuah mesin dari mana gas cair dapat ditarik dari melalui suatu katup untuk digunakan sebagai zat pendingin, sebelum menggunakan oksigen cair dalam pekerjaan penelitian yang berkaitan dengan meteorit, sekitar waktu yang sama ia juga memperoleh oksigen dalam keadaan padat.

Dengan 1891 ia telah mendesain dan membangun, di Royal Institution, mesin yang menghasilkan oksigen cair dalam jumlah industri, dan menjelang akhir tahun itu ia menunjukkan bahwa kedua oksigen cair dan ozon cair sangat tertarik oleh magnet. Tentang 1892 ide terpikir olehnya untuk menggunakan vakum berjaket kapal untuk penyimpanan gas cair - labu Dewar (atau dikenal sebagai termos atau termos vakum ) - penemuan yang ia menjadi yang paling terkenal. Termos vakum sangat efisien dalam menjaga panas bahwa ditemukan mungkin untuk menjaga cairan untuk waktu yang relatif panjang, membuat pemeriksaan sifat optik mereka mungkin. Dewar tidak mendapat keuntungan dari adopsi termos vakum - ia kalah dalam kasus pengadilan terhadap termos tentang paten untuk penemuannya. Sementara Dewar diakui sebagai penemu, karena ia tidak mematenkan penemuannya tidak ada cara untuk menghentikan termos dari menggunakan desain.

Selanjutnya dia bereksperimen dengan jet hidrogen tekanan tinggi dimana suhu rendah diwujudkan melalui efek Joule-Thomson , dan hasilnya sukses ia memperoleh dipimpin dia untuk membangun di Royal Institution besar pendinginan regeneratif pendingin mesin. Menggunakan mesin ini pada tahun 1898, hidrogen cair dikumpulkan untuk pertama kalinya, padat hidrogen setelah tahun 1899. Dia mencoba untuk mencairkan gas tersisa, Helium , yang mengembun menjadi cairan di -268,9 ° C, tetapi karena sejumlah faktor, termasuk kurangnya Helium yang dapat digunakan untuk bekerja, Dewar didahului oleh Heike Kamerlingh Onnes sebagai yang pertama orang untuk menghasilkan helium cair , pada tahun 1908. Onnes kemudian akan dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Fisika untuk penelitian ke dalam sifat materi pada suhu rendah - Dewar dinominasikan beberapa kali tapi tidak pernah sukses dalam memenangkan Hadiah Nobel.

Pada tahun 1905 ia mulai menyelidiki gas menyerap kekuatan arang ketika didinginkan sampai suhu rendah, dan penelitian terapan untuk produksi Vacuums tinggi, yang berguna untuk penelitian lebih lanjut dalam fisika atom. Dewar akan melanjutkan pekerjaan penelitian ke dalam sifat-sifat unsur pada suhu rendah, khususnya suhu rendah kalorimetri , sampai pecahnya Perang Dunia I . The Royal Institution laboratorium kehilangan sejumlah staf untuk upaya perang, baik dalam peran pertempuran dan ilmiah, dan setelah perang, Dewar memiliki sedikit ketertarikan dalam memulai kembali pekerjaan penelitian serius yang terjadi sebelum Perang. Kekurangan ulama tentu memperparah masalah. Penelitiannya selama dan setelah perang terutama yang terlibat menyelidiki tegangan permukaan dalam gelembung sabun, bukan pekerjaan lebih lanjut ke dalam sifat materi pada suhu rendah.

Sementara Dewar tidak pernah diakui oleh Akademi Swedia , ia diakui oleh lembaga lain baik sebelum dan setelah kematiannya, baik di Inggris dan luar negeri. The Royal Society terpilih dia Fellow dari Royal Society pada bulan Juni 1877 dan diberikan mereka Rumford (1894 ), Davy (1909), dan Copley Medal (1916) medali kepadanya untuk karyanya, serta mengundangnya untuk memberikan mereka Kuliah Bakerian pada tahun 1901. Pada tahun 1899 ia menjadi penerima pertama medali emas dari Hodgkins Smithsonian Institution , Washington, DC , untuk kontribusi terhadap pengetahuan kita tentang sifat dan sifat udara atmosfir.

Pada 1904 ia adalah warga negara Inggris pertama yang menerima medali Lavoisier dari Akademi Ilmu Pengetahuan Perancis, dan pada tahun 1906 dia adalah orang pertama yang mendapatkan medali Matteucci Society Italia of Sciences. Dia knighted pada tahun 1904 dan dianugerahi Gunning Victoria Jubilee Hadiah untuk 1900-1904 oleh Royal Society of Edinburgh , dan pada tahun 1908 ia dianugerahi medali Albert dari Society of Arts . Sebuah kawah bulan telah dinamai untuk menghormatinya.

James Dewar meninggal di London pada tahun 1923, masih memegang kantor Profesor Fullerian Kimia di Royal Institution, setelah menolak untuk pensiun. Dia dikremasi di Krematorium Golders Green mana abunya tetap.

Sumber, Wikipedia
no image
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
jalan menuju keberhasilan
Top