Latest News

Thursday, September 13, 2012

Clara Wieck - Woman Pianis

Clara Josephine Wieck lahir di Leipzig pada tanggal 13 September tahun 1819 dari pasangan Friedrich Wieck dan Marianne Wieck (Tromlitz née). Beliau adalah seorang musisi wanita dan komposer Jerman. Beliau dianggap sebagai salah satu pianis yang paling terkenal pada era musik Romantic. 

Orangtuanya bercerai ketika ia berusia empat tahun, yang menyebabkan Clara dibesarkan oleh ayahnya. Pada bulan Maret 1828, pada usia delapan tahun, Clara muda Wieck pergi ke rumah Dr Ernst Carus, direktur rumah sakit jiwa di Colditz Castle . Di sana dia bertemu seorang pianis muda berbakat yang telah diundang ke malam musik bernama Robert Schumann , yang berusia sembilan tahun lebih tua darinya. Schumann mengagumi Clara bermain sehingga ia meminta izin dari ibunya untuk menghentikan hukum studinya, yang tidak disukai olehnya, dan mengambil pelajaran musik dengan ayah Clara. Sementara mengambil pelajaran, ia mengambil kamar di rumah tangga Wieck, Robert tinggal sekitar satu tahun. Robert sering usil pada Clara. Biasanya ia akan berpakaian seperti hantu dan menakut-nakuti Clara. Bermain menciptakan ikatan dan ketika dia lebih tua, dan kelak Clara dan Robert menikah.

Pada tahun 1830, di usia sebelas tahun, Clara melakukan tur konser ke Paris dan kota-kota Eropa lainnya, disertai oleh ayahnya. Dia menggelar konser solo pertamanya di Gewandhaus Leipzig. Di Weimar, ia menyanyikan lagu bravura oleh Henri Herz yang dipersembahkan untuk Goethe, yang juga menghadiahi Clara dengan medali berisi potret dan catatan tertulis yang mengatakan, “Untuk artis berbakat Clara Wieck.” Selama tur itu, Niccolò Paganini yang kebetulan berada di Paris menawarkan untuk tampil bersama Clara. Namun, konser Paris nya dihadiri sedikit orang karena banyak yang telah melarikan diri dari kota akibat wabah kolera.

Pada usia 18, Clara Wieck melakukan serangkaian pertunjukan di Wina dari Desember 1837 sampai April 1838.  penyair terkemuka dramatis Austria, Franz Grillparzer , menulis sebuah puisi berjudul "Clara Wieck dan Beethoven" setelah mendengar Wieck melakukan Appassionata sonata . dalam salah satu pertunjukan  Wieck dilakukan untuk menjual-out orang banyak dan ulasan kritis pujian, Benedict Randhartinger, teman Franz Schubert , memberikan Wieck salinan tanda tangan dari Erlkönig Schubert, inscribing "Untuk artis terkenal, Clara Wieck. "  Frédéric Chopin menggambarkan dirinya bermain untuk Franz Liszt , yang datang untuk mendengar salah satu konser Wieck dan kemudian "memujinya extravagantly dalam sebuah surat yang diterbitkan dalam et Revue Paris Lembaran Musicale dan kemudian, dalam terjemahan, dalam jurnal Leipzig Neue Zeitschrift für Musik ".  Pada tanggal 15 Maret, Wieck diangkat menjadi Konigliche und Kaiserliche Kammervirtuosin ("Royal dan Virtuoso Imperial Chamber"), Austria kehormatan 's musik tertinggi.



"Menulis memberi saya senang ... tidak ada yang melampaui sukacita penciptaan, jika hanya karena melalui itu salah satu menang jam diri lupa, ketika seseorang hidup dalam dunia suara." Clara Schumann-.



Pada tahun-tahun awal pertunjukannya, tema yang dipilih oleh ayahnya, adalah mencolok dan populer, dalam gaya umum untuk waktu, dengan karya-karya Kalkbrenner , Henselt , Thalberg , Herz, Pixis , Czerny , dan komposisi sendiri. Saat ia matang,  menjadi lebih mapan dan perencanaan program sendiri, ia mulai memutar karya-karya para komponis romantis baru, seperti Chopin, Mendelssohn dan, tentu saja, Robert Schumann, serta, besar kurang mencolok, lebih " sulit "komposer dari masa lalu, seperti Scarlatti , Bach , Mozart , Beethoven , Schubert dan. Dia juga sering muncul dalam resital musik kamar karya Haydn , Mozart, Beethoven, Mendelssohn, Schumann, dan Brahms.


Clara Schumann adalah pencari nafkah utama bagi keluarganya melalui konser memberi dan pengajaran, dan dia melakukan sebagian besar pekerjaan pengorganisasian wisata sendiri konser karena ketidakstabilan mental Robert. Dia menolak untuk menerima amal ketika sekelompok musisi yang ditawarkan untuk menempatkan pada konser amal untuknya. Bagian dari tanggung jawabnya meliputi menghasilkan uang, yang dia lakukan dengan memberikan konser, meskipun ia terus bermain sepanjang hidupnya tidak hanya untuk pendapatan, tapi karena dia adalah seorang seniman konser pelatihan dan oleh alam.

Setelah kematian Robert (29 Juli 1856), Clara mengabdikan dirinya terutama untuk penafsiran karya-karyanya. Tapi ketika ia pertama kali mengunjungi Inggris tahun 1856 terutama melalui jasa baik William Sterndale Bennett , komposer Inggris dan teman almarhum suaminya, para kritikus musik Robert menerima dengan beragam ketidaksetujuan. Dia kembali ke London pada tahun 1865 dan terus dia mengunjungi setiap tahun, dengan pengecualian empat musim, sampai tahun 1882. Dia juga muncul di sana setiap tahun 1885-1888.

Dia memainkan peran tertentu dalam memulihkan Brahms D concerto minor ke perbendaharaan umum, yang telah jatuh dari nikmat setelah premier, dan hanya direhabilitasi pada 1870-an, terutama berkat upaya Clara Schumann dan Brahms sendiri.

Dia awalnya tertarik pada karya-karya Liszt, namun kemudian mengembangkan permusuhan langsung kepadanya. Dia berhenti memainkan karya-karyanya, dia ditekan dedikasi suaminya untuk Liszt nya Fantasie di C mayor ketika ia menerbitkan karya lengkap Schumann, dan ia menolak untuk menghadiri festival Beethoven seratus di Wina pada tahun 1870 ketika ia mendengar bahwa Liszt dan Richard Wagner akan berpartisipasi.

Dia sangat pedas dari Wagner. Dari Tannhäuser , ia mengatakan bahwa ia "memakai dirinya dalam kekejaman", dia menggambarkan Lohengrin sebagai "mengerikan", dan ia menulis bahwa Tristan und Isolde . adalah "hal yang paling menjijikkan yang pernah saya lihat atau dengar dalam hidup saya"

Pada tahun 1878 ia diangkat guru piano di Konservatorium Hoch di Frankfurt am Main , sebuah pos dia menjabat sampai 1892, dan di mana ia memberikan kontribusi besar terhadap peningkatan teknik bermain piano modern.

Dia memegang Anton Bruckner , yang 7th Symphony ia mendengar pada tahun 1885, penghargaan yang sangat rendah. Dia menulis kepada Brahms, menggambarkannya sebagai "sepotong mengerikan". Tapi dia lebih terkesan dengan Richard Strauss Symphony 's awal F minor pada tahun 1887.

Clara Schumann memainkan konser terakhir publiknya di Frankfurt pada tanggal 12 Maret 1891. Pekerjaan terakhir yang ia lakukan adalah Brahms Variations on a Theme by Haydn , dalam versi piano-duet.
Dia menderita stroke pada tanggal 26 Maret 1896, meninggal pada tanggal 20 Mei pada usia 76. Dia dimakamkan di Bonn 's Alter Friedhof (Old Cemetery) dengan suaminya.

Dia digambarkan pada layar oleh Katharine Hepburn dalam film 1.947 Kidung Cinta , di mana Paul Henreid dimainkan Robert Schumann dan Robert Walker membintangi sebagai muda Brahms Johannes .
Dia juga digambarkan baru-baru ini dalam sebuah film Jerman bernama hanya "Geliebte Clara" pada tahun 2008 mengambil melihat kehidupan abad ke-19 komposer Clara dan Robert Schumann.

"Clara telah menyusun serangkaian potongan-potongan kecil, yang menunjukkan kecerdikan musik dan lembut seperti dia belum pernah tercapai sebelumnya. Tapi untuk memiliki anak, dan seorang suami yang selalu hidup dalam dunia imajinasi, tidak pergi bersama-sama dengan menulis. Dia tidak bisa bekerja di secara teratur, dan saya sering terganggu untuk berpikir berapa banyak ide-ide yang mendalam yang hilang karena dia tidak bisa bekerja mereka keluar. " -Robert Schumann dalam buku hariannya 

Sumber, Wikipedia
               www.musicacademyonline.com 
               Sidomi.com

Clara Wieck - Woman Pianis
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
jalan menuju keberhasilan
Top