Latest News

Wednesday, August 15, 2012

Elisha Graves Otis - Pencipta Lift Modern


Copyright expired. Avaliable at http://www.oti...
Copyright expired. Avaliable at http://www.otis.com/otis150/images/display/1,2343,2039,00.gif (Photo credit: Wikipedia)
Elisha Graves Otis adalah penemu lift modern. Ia lahir di sebuah lahan pertanian di dekat Halifax, Vermount, Amerika Serikat, pada tanggal 3 Agustus 1811. Otis sebenarnya bukan orang pertama yang menemukan lift. Sejak abad ketiga SM, lift telah ditemukan dengan menggunakan tenaga manusia dan hewan. Barulah pada abad ke-19, lift mulai menggunakan mesin uap meski fasilitas keamanan yang belum terpenuhi sehingga banyak orang yang takut menggunakannya. Mereka takut kalau sewaktu-waktu kabel lift putus. Maka itu, Otis pun membuat terobosan baru yaitu dengan menambahkan sistem pengereman pada lift.

Otis lahir dari pasangan Stephen Otis jr. dan Phoebe Glynn. Otis menciptakan alat keamanan yang mencegah lift (elevator) untuk jatuh ketika kabel pengangkatnya putus. Ia mengerjakan alat keamanan ini ketika tinggal di Yonkers, New York di 1852, dan kemudian memiliki produk jadi di 1854.

Di Crystal Palace New York, Elisha Otis membuat banyak orang terkagum-kagum ketika ia meminta satu satunya tali yang menopang pijakannya diputus. Tali itu dipotong oleh tukang kapak dan pijakan itu hanya turun beberapa inci sebelum berhenti. Rem keamanan baru ini telah menghentikan pijakan jatuh ke darat dan merevolusi industri lift. Elisha Graves Otis sebenarnya tidak menciptakan lift, ia menciptakan sesuatu yang mungkin lebih penting yaitu rem lift yang membuat gedung pencakar langit menjadi sesuatu yang mungkin.


Elisha Otis's Elevator Patent Drawing, 01/15/1...
Elisha Otis's Elevator Patent Drawing, 01/15/1861. Elisha Otis's elevator was the first with a safety catch to guard against the breaking of the cable. The Otis Company would become the premier manufacturer of electric elevators. From the National Archives. (Photo credit: Wikipedia)
Otis menjual lift amannya pada tahun 1953. Lift yang pertama di pasang di New York pada tahun 1857. Setelah kematiannya pada tanggal  8 April 1861 pada umur 49 tahun di 1861, anaknya Charles dan Norton, lewat warisannya mendirikan Otis Brother & Co pada tahun 1867. Ciptaan Otis meningkatkan keyakinan publik pada elevator dan memungkinkan munculnya tren baru gedung bertingkat yaitu Pencakar Langit. Perusahaan yang didirikannya dikenal sebagai Otis Elevator Company, perusahaan elevator terbesar di dunia. Kini perusahaan ini adalah divisi di bawah United Technology Corporation.



Sumber, Buku 50 Tokoh Penemu
              Wikipedia
Enhanced by Zemanta
no image
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
jalan menuju keberhasilan
Top