Latest News

Thursday, April 19, 2012

Evangelista Torricelli - Pencipta Barometer

Evangelista Torricelli lahir pada 15 Oktober 1608 - 25 Oktober 1647, adalah seorang Italia fisikawan dan matematikawan , paling dikenal untuk penemuannya yaitu barometer .

Evangelista Torricelli lahir di Faenza ,  dari Negara-negara bagian Kepausan . Dia menjadi yatim pada masa kanak-kanak dan dididik di bawah asuhan pamannya, seorang Camaldolese biarawan, yang pertama kali bergabung bersama Torricelli menjadi Jesuit College di 1624 untuk belajar matematika dan filsafat sampai 1626, ketika ia mengirim Torricelli ke Roma tahun 1627 untuk mempelajari ilmu di bawah didikan Benediktin Benedetto Castelli , profesor matematika di Collegio della Sapienza di Pisa .

Pada tahun 1632, tak lama setelah penerbitan Galileo Dialog 's Science Baru, Torricelli menulis kepada Galileo membacanya "dengan kegembiraan [...] satu yang, karena telah melakukan semua geometri paling rajin [...] dan setelah mempelajari Ptolemy dan melihat hampir semua dari Tycho Brahe , Kepler dan Longomontanus akhirnya dipaksa oleh congruences banyak, datang untuk mematuhi Copernicus , dan merupakan Galileian dalam profesi dan sekte ". (Vatikan mengutuk Galileo pada bulan Juni 1633, dan ini adalah kesempatan yang hanya dikenal di mana Torricelli secara terbuka menyatakan dirinya memiliki pandangan Copernican.)

Selain dari beberapa surat, sedikit yang diketahui kegiatan Torricelli di tahun-tahun antara 1632 dan 1641 ketika Castelli dikirim Torricelli monografi dari jalur proyektil kepada Galileo, maka tahanan di vilanya di Arcetri . Meskipun Galileo segera diundang Torricelli berkunjung, ia tidak menerima sampai hanya tiga bulan sebelum kematian Galileo. Selama tinggal, bagaimanapun, dia menulis Wacana Galileo dari hari Kelima. Setelah kematian Galileo pada tanggal 8 Januari 1642, Grand Duke Ferdinando II de 'Medici memintanya untuk berhasil Galileo sebagai matematikawan besar-berkenaan dgn duke dan profesor matematika di Universitas Pisa . Dalam perannya ini ia dipecahkan beberapa masalah besar matematika hari, seperti menemukan sebuah lingkaran daerah dan pusat gravitasi. Ia juga dirancang dan dibangun sejumlah teleskop dan mikroskop sederhana, lensa besar beberapa, diukir dengan namanya, masih diawetkan di Florence. Pada tahun 1644, ia terkenal, dalam surat: "Kita hidup tenggelam di dasar samudra udara."

Torricelli meninggal di Florence beberapa hari setelah dinyatakan terkena demam tipus , dan dimakamkan di San Lorenzo. Para asteroid 7437 Torricelli dinamai untuk menghormatinya. Dia meninggalkan semua harta miliknya untuk mengadopsi putranya Alexander.

Penemuan terkenal Torricelli adalah barometer air raksa, yang berasal dari pemecahan masalah praktis. Pompa pembuat dari Grand Duke of Tuscany berusaha untuk meningkatkan air hingga ketinggian 12 meter atau lebih, tetapi menemukan bahwa 10 meter adalah batas dengan pompa hisap. Torricelli digunakan merkuri , empat belas kali lebih padat daripada air. Pada 1643 ia menciptakan tabung sekitar satu meter panjang, disegel di bagian atas, mengisinya dengan air raksa, dan mengaturnya secara vertikal ke dalam baskom berisi air raksa. Kolom air raksa turun menjadi sekitar 76 cm, meninggalkan kekosongan Torricellian atas. Seperti yang kita ketahui sekarang, tinggi kolom berfluktuasi dengan perubahan tekanan atmosfer , ini adalah barometer pertama. Penemuan ini diabadikan ketenarannya, dan Torr , sebuah unit yang digunakan dalam vakum pengukuran, telah bernama baginya.

Hukum Torricelli

Torricelli juga menemukan Hukum Torricelli , mengenai kecepatan fluida yang mengalir keluar dari pembukaan, yang kemudian terbukti suatu kasus Prinsip Bernoulli .

Penyebab angin

Torricelli memberikan deskripsi ilmiah pertama penyebab angin :
... angin yang dihasilkan oleh perbedaan suhu udara, dan karena kepadatan, antara dua wilayah bumi.


Sumber, Wikipedia
             www-history.mcs.st-and.ac.uk
Evangelista Torricelli - Pencipta Barometer
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
jalan menuju keberhasilan
Top