Loading...
Biografi Terbaru :
Home » , , » Howard Hathaway Aiken - Pencipta Komputer

Howard Hathaway Aiken - Pencipta Komputer

Ditulis Oleh Kevin Samara on Tuesday, March 20, 2012 | 2:38 AM

My Ping in TotalPing.com

Howard Hathaway Aiken adalaha penemu sistem komputer pertama kali, dia dilahirkan pada tanggal 8 Maret 1900 di Haboken New Jersey, dia tumbuh di Indianapolis dan disekolahkan di Arsenal Technical High School, setelah lulus sekolah menengah kemudian dia melanjutkan pendidikannya di Universitas Wisconsin dan di universitas itulah dia mendapatkan gelar sarjana muda di bidang Elecrtical Engineering. Selama di bangku perguruan tinggi Aiken bekerja untuk perusahaan Gas Madison, setelah lulus dia di promosikan sebagai kepala Engineer di perusahaan tersebut.

Tahun 1935 Aiken memutuskan untuk kembali melanjutkan pendidikannya. Pada tahun 1939 dia menerima gelar Ph.D dari universitas Harvard. Dalam proses pembuatan thesis dalam bidang fisika, Aiken mulai memikrkan tentang kontruksi sebuah mesin untuk dapat menolong sebuah perhitungan. Aiken mulai membicarakan idenya dan mulai melakukan beberapa penelitian. Dengan bantuan dari universitasnya, Aiken sukses meyakinkan perusahaan IBM untuk mendanai projeknya.

Ide yang saat itu akan dijalankan oleh Aiken dinamakan Mesin Electro Mechanic yang dapat melakukan perhitungan matematika dengan cepat dan effisien.IBM membuat mesin tersebut dengan Aiken yang saat itu dijadikan sebagai kepala team projek dan memberikan donasi kepada Harvard dengan syarat bahwa IBM akan mendapatkan royalty dari projek tersebut. Kontruksi team menggunakan komponen mesin yang telah dimiliki IBM.

Projek tersebut memakan waktu 7 tahun dan menghabiskan banyak uang hingga mesin yang dihasilkan dapat berjalan. Beberapa bagian projek yang tertunda diakibatkan karena campur tangan perang dunia ke II. Dan pada akhirnya Komputer pertama yang dihasilkan Aiken diberinama Rangkaian Kontrol Kalkulator Otomatis IBM atau lebih dikenal dengan sebutan Mark I. Dengan dibantu oleh Grace Hopper dan pendanaan dari IBM, mesin ini berhasil diselesaikan pada tahun 1944. Pada tahun 1947, Aiken menyelesaikan pembuatan komputer generasi berikutnya yang bernama Harvard Mark II. Versi-versi berikutnya kemudian terus dikembangkan, mulai dari Mark III yang masih sebagian menggunakan komponen mekanik dan Harvard Mark IV yang telah semuanya berisi komponen elektronik.




Aiken mendapat inspirasi untuk membangun mesin-mesin tersebut dari mesin diferensial milik Charles Babbage.

Pada tahun 1970, Aiken menerima penghargaan Edison Medal dari IEEE atas kontribusinya menjadi pionir dalam pengembangan komputer digital skala besar dan kontribusinya dalam bidang pendidikan komputer digital.


Aiken Berhenti mengajar di Harvard pada tahun 1961 dan kemudian pindah ke Ft.Lauderdale, Florida. Dan setelah itu dia meninggal pada tanggal 14 Maret 1973 di St. Louis, Missouri.

Sumber, Wikipedia
              Perpus.KampoengTI.com
Bagikan Biografi :
 
Jadi, jangan takut dengan keadaan, tapi kuasai keadaan (Tukul Arwana) | Tak ada rahasia untuk menggapai sukses. Sukses itu dapat terjadi karena persiapan, kerja keras, dan mau belajar dari kegagalan. (Gen. Collin Powell) | Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun. (Soekarno) |